4 Makanan Khas Daerah Maluku

Banyak yang mungkin belum mengenal makanan khas daerah Maluku secara lengkap. Apalagi kota Maluku ini memang lumayan jaraknya bila dilihat dari ibukota. Namun siapa sangka jika kuliner makanan di daerah tersebut lezat dan menggiurkan. Sehingga tidak ada salahnya mencoba makanan khas daerah ini saat sedang berkunjung. Beberapa makanan khas daerah Maluku yang banyak disukai orang yaitu sebagai berikut.

4 Makanan Khas Daerah Maluku

1. Papeda

Inilah salah satu makanan yang cukup terkenal bukan hanya di daerah Maluku saja. Rasanya cukup lezat dan menggugah selera. Papeda ini merupakan makanan khas daerah Maluku yang terbuat dari tepung sagu. Sehingga tak heran jika teksturnya cukup lengket dan kental. Biasanya di daerah asalnya, papeda disajikan dengan ikan tongkol yang sudah ditambahkan bumbu berupa kunyit. Sehingga rasanya bukan hanya khas tapi juga gurih dan lezat. Cara makannya juga cukup unik, bisa dengan diseruput seperti menyeruput kopi, atau bisa juga menggunakan sumpit. Yang pasti makanan ini memang enak dan layak untuk dicoba.

2. Gohu Ikan

Makanan khas daerah Maluku yang juga cukup khas yaitu jenis makanan yang terbuat dari ikan-ikanan. Salah satunya yang banyak dikonsumsi masyarakat daerah tersebut yaitu gohu ikan. resep makanan  ini umumnya terbuat dari ikan cakalang serta ikan tuna. Kedua ikan ini cukup favorit dan dimasak menjadi gohu ikan dengan ditambahkan sejumlah bumbu khas. Di antaranya yaitu rempah-rempah serta perasan jeruk lemon. Sebelumnya ikan dipotong bentuk dadu untuk kemudian dilumuri berbagai macam bahan tersebut. Setelah itu disajikan untuk dimakan bersama dengan bumbu tumisan cabe rawit serta bawang merah yang menggoda. Pantas saja banyak yang tertarik untuk memakannya, apalagi ditambah dengan sepiring nasi hangat. Pastinya lezat dan kenyang sekali di perut.

3. Nasi Lapola

Umumnya tiap daerah memiliki makanan khas yang terbuat dari nasi. Maklum saja, Indonesia adalah negara dengan dominan makanan melayu dan asia yang khas dengan sepiring nasi putihnya. Sama halnya dengan makanan khas daerah Maluku yang satu ini. Nasi lapola terdiri dari sepiring nasi putih yang dicampur dengan lauk pauk yang khas. Campurannya antara lain yaitu parutan kelapa, kacang tolo, dengan lauk pauk berupa ikan teri atau ikan tongkol dan diberi sejumlah lalapan segar untuk pelengkap. Menu ini paling cocok dinikmati baik untuk makan siang maupun makan malam. Rasanya yang gurih dan lezat juga sekaligus mengenyangkan porsinya. Karena itu jangan lupa mencicipi kuliner yang satu ini saat sedang berkunjung ke Maluku.

4. Ikan Asar

Satu lagi makanan khas daerah Maluku yang terbuat dari bahan dasar ikan. Ikan asar ini adalah makanan khas daerah yang satu ini dan tidak dapat ditemui di daerah yang lainnya. Umumnya yang digunakan untuk jenis masakan ini yaitu ikan cakalang atau ikan tuna, yang kemudian diasap hingga matang dan siap untuk dinikmati. Biasanya menu yang satu ini dapat juga dijadikan oleh-oleh. Apalagi ikan asar dapat bertahan lama hingga beberapa hari. Dihidangkan dengan sambal colo-colo khas Maluku, jangan kaget jika jadi ketagihan.

Itulah beberapa makanan khas daerah Maluku yang tidak hanya lezat tapi juga memiliki citarasa khas yang berbeda. Sehingga tentu menarik jika bisa mencicipi jenis makanan tersebut di atas. Saat ini juga ada banyak resep tersedia di dunia maya, jika ada waktu luang cobalah memasaknya sendiri. Dijamin pastinya tidak kalah lezat dan sedap.