Tips

Memanfaatkan Lahan Sempit, Berkebun dengan Polybag

Memanfaatkan Lahan Sempit, Berkebun dengan Polybag

Bagi Anda yang sedang merasa bosan karena harus di rumah saja, bisa mencoba aktivitas menarik seperti menjalankan hobi, olahraga, atau berkebun. Saat ini sudah banyak poin penting di dalam media berkebun online yang bisa Anda pelajari, salah satunya menyiasati lahan sempit.

Manfaat Polybag untuk Berkebun

Memanfaatkan Lahan Sempit, Berkebun dengan Polybag

 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, berkebun tidak melulu harus dilakukan di lahan atau tanah yang luas, dengan bantuan informasi di internet, sebagai orang awam pun bisa melakukan berkebun, salah satunya dengan menggunakan polybag. Kantong plastik hitam dengan lubang-lubang kecil sebagai sirkulasinya.

Harga Ekonomis

Daripada menabung lalu menunggu untuk waktu yang lama demi mendapatkan lahan tanah yang luas, Anda bisa terlebih dahulu mencoba peruntungan menggunakan polybag ini. Harga yang ekonomis sangat membantu tatkala Anda belum mempunyai uang cukup.

Efisiensi

Media berkebun dengan polybag, pemanfaatan tempat yang sempit bisa teratasi. Kemudian untuk pemenuhan kebutuhan cahaya tanaman pun juga tercukupi. Karena bisa dipindah-pindah Anda tidak perlu takut ada tanaman yang tidak mendapatkan asupan sinar matahari.

Bisa Dibuat Sendiri

Selain bisa membeli dengan harga yang ekonomis, polybag juga bisa dibuat sendiri. Hanya dengan bantuan plastik bekas snack atau sabun. Kegiatan ini tentu juga bisa membantu mendaur ulang sampah plastik dan mengurangi resiko pencemaran lingkungannya.

Cara Menanam Tanaman di Dalam Polybag

Sebenarnya langkah-langkah penanaman tanaman ataupun sayuran ke dalam polybag bukanlah hal yang sulit. Namun ada beberapa langkah-langkah yang sedikit berbeda dengan media tanam lain seperti pot atau di tanahnya langsung.

Persiapkan Media Tanamnya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan media tanamnya, komposisi yang tepat adalah tanah, kompos dan sekam yang biasanya dibakar. Perbandingan yang dibutuhkan adalah banding 1. Namun jika tanah yang digunakan cukup subur, bisa memakai hitungan 2 untuknya.

Penanaman

Penanaman media tanam harus diperhatikan dengan benar. Bisa berupa benih atau bentuk lain. Bagi Anda yang masih awam bisa mencari tahu terlebih dahulu terkait informasi yang ada. setelah itu langkah terakhir adalah perawatan yang dilakukan secara berkala.

Tentunya media tanam menggunakan polybag memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun cara ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin berkebun dan tidak memiliki lahan yang luas. Selamat mencoba dan gali informasi lain di media berkebun online.