Biaya Renovasi Atap yang Tidak Terduga

Biaya Renovasi Atap yang Tidak Terduga

Biaya Renovasi Atap yang Tidak Terduga

Melakukan kegiatan renovasi atap rumah memang tidak dilakukan setiap waktu, namun dalam sekali waktunya saja pasti butuh biaya yang tidak sedikit. Budgeting memang sangat diperlukan untuk pembangunan apalagi ada biaya renovasi atap yang tidak terduga.

Memperkirakan Biaya Renovasi Atap yang Tidak Terduga

Banyak orang tidak mempertimbangkan tentang budgeting, hingga pada akhirnya akan berpengaruh pada kualitas dari material yang dipilih. Untuk itu, sebaiknya Anda pertimbangkan dengan baik agar bisa memperkirakan pengeluaran harian sampai bulanan bahkan masuk ke biaya terduga.

  1. Adanya Faktor Cuaca

Salah satu hal tak terduga yang harus dipikirkan dengan matang adalah cuaca. Melakukan renovasi atap dikala musim hujan akan lebih memakan biaya besar dibandingkan dengan saat musim kemarau. Karena material gypsum tidak tahan dengan air dan sehingga membuat kerangka hancur dan ambruk.

Untuk itu, disarankan renovasi pada musim kemarau saja karena risiko kejadian tak terduga bisa diatasi lebih baik. Di sisi lain, bagian lain juga lebih rentan rusak saat musim hujan, seperti pengecatan dinding tembok, pembuatan pondasi rumah, tidak bisa terbentuk sempurna jika terkena terlalu banyak air.

  1. Kuda-kuda yang Mudah Lapuk

Hal tak terduga lainnya yang bisa terjadi saat renovasi adalah mendirikan rangka kuda-kuda. Cuaca ekstrim bisa mengakibatkan banyak kendala di lapangan. Jika kerangkanya tidak bisa didirikan maka proses pemasangan genteng tidak dapat berlangsung. Efisiensi waktu semakin melambat.

Belum lagi jika material yang dipilih tidak umum dan kurang berkualitas. Hal tersebut akan mengakibatkan pembangunan plafon semakin tersendat. Atap rumah tidak bisa terbangun dengan baik dan maksimal. Dengan bertambahnya waktu tentu biaya juga membengkak drastis.

  1. Kendala Sumber Daya Manusia

Terakhir bukanlah faktor teknis melainkan hanya kendala kecil namun bisa cukup mengganggu. Sumber daya manusia terkadang bisa cukup menghambat jalannya pembangunan. Sebagai mandor alangkah lebih baiknya bersikap tegas agar waktunya tetap berjalan sesuai target awal.

Kendala diatas dapat dijadikan patokan menentukan biaya renovasi atap atas hal-hal tak terduga yang bisa saja terjadi di lapangan.