Tips

Mengatasi Kakak Adik yang Selalu Berantem Secara Tepat

Mengatasi Kakak Adik yang Selalu Berantem Secara Tepat

Mengatasi kakak adik yang selalu berantem menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Seringkali segala cara dan taktik tak kunjung banyak membawa perubahan. Bahkan dengan membelikan barang atau mainan yang sama pun tetap saja pertengkaran antar keduanya.

Cara Mengatasi Kakak Adik yang Selalu Berantem

Mengatasi Kakak Adik yang Selalu Berantem Secara Tepat

 

Sebelum memarahi anak-anak saat terjadi pertengkaran, cobalah untuk menahan diri dan memikirkan langkah yang lebih tepat dan ampuh. Sebab amarah orang tua justru kerap kali gagal membuat anak patuh dari hati. Oleh karenanya, gunakanlah cara-cara dibawah ini.

Memberi Perhatian yang Sama Untuk Keduanya

Kakak dan adik membutuhkan takaran kasih sayang dan perhatian yang cukup tanpa adanya diskriminasi antara satu dengan lainnya. Untuk meminimalkan pertengkaran, orang tua bisa menyampaikan bentuk perhatian yang sama baik dalam bentuk benda ataupun perkataan dan sentuhan fisik.

Misalnya dengan memuji kebaikan keduanya dalam waktu yang sama. Jika si kakak telah menghabiskan makannya, katakan bahwa kakak hebat. Sementara jika si adik belum, tetap menyemangati dengan mengatakan adik juga hebat karena sebentar lagi makannya segera habis.

Mendengarkan Keluhan Keduanya Secara Bergantian

Setiap kali terjadi perselisihan atau pertengkaran antara kakak dan adik, orang tua harus mampu mencari titik tenang dan tidak mencecar anak dengan pertanyaan. Sikap tenang orang tua akan membawa anak turut menenangkan dirinya.

Kemudian tanyakan pada masing-masing anak apa yang terjadi. Tampung semua keluhan meskipun terdapat selisih cerita dari keduanya. Hal ini memiliki tujuan utama untuk mengeluarkan rasa kesal dalam hati anak. Lalu ambilah sisi tengah misalnya dengan mengajak berbaikan.

Melakukan Kegiatan Kerja Sama

Mungkin nasehat panjang lebar tidak akan diingat seluruhnya oleh anak. Namun praktek pengajaran yang baik dalam bentuk kegiatan akan lebih mengena dalam memori anak. Maka berikanlah kegiatan kerja sama yang bisa dilakukan oleh kakak dan adik.

Melalui aktivitas kerja sama tersebut, anak-anak akan membiasakan diri untuk berinteraksi dan bersinergi bersama. Anda juga wajib turut mengawasi dan memberi apresiasi atas setiap hal yang berhasil dilakukan oleh kakak beradik.

Demikian informasi tentang cara mengatasi kakak adik yang selalu berantem. Untuk membentuk kebiasaan dari dini biasanya akan lebih mudah, namun pada tahap mengubah kebiasaan lama perlu kesabaran dan ketelatenan orang tua. Semoga bermanfaat.

Sumber Refrensi: https://hasnapreneur.com