3 Tugas Marketing Perlu dipahami pembisnis

3 Tugas Marketing Perlu dipahami pembisnis

Departemen marketing merupakan salah satu dari beberapa departemen lain yang di sebuah perusahaan bisnis. Tugas marketing berhubungan dengan semua hal dalam mempromosikan atau memasarkan produk dan jasa kepada masyarakat luas. 

Tugas Marketing dalam Dunia Bisnis

Mulai dari menjangkau prospek demi menjualkan produk atau jasa. Peran marketing sangat berdampak pada hasil penjualan dan pemasukan suatu perusahaan. Jika Anda tertarik memiliki karier di bidang ini penting sekali memahami apa saja tugas marketing

1. Membuat Konten dan Materi Promosi

Tugas pertama marketing yaitu memproduksi materi untuk promosi. Tanpa ada materi, maka tim pemasaran tidak tahu apa yang seharusnya dipromosi. Melalui materi ini juga memudahkan menggaet konsumen dalam menjual produk. 

3 Tugas Marketing Perlu dipahami pembisnis

Jika pemasaran dilakukan secara online, maka marketing juga bertugas membuat konten dan mengoptimalkan SEO. Tujuannya supaya website perusahaan beserta informasi produk berada di halaman pertama mesin pencari Google. 

2. Merencanakan Produk

Tugas marketing juga berkaitan dalam perencanaan produk agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tim marketing harus tahu produk apa saja untuk dipasarkan. Namun, terlebih dahulu perlu mengamati keadaan pasar agar produk yang diluncurkan nantinya memiliki besar peluang produk terjual. 

Biasanya dalam memasarkan produk, tidak hanya fokus pada produk atau jasa saja. Tetapi, pelayanan kepada pelanggan juga harus diperhatikan. Jika konsumen kecewa terhadap layanan yang diberikan, hari berikutnya bisa saja konsumen tidak kembali berbelanja di tempat Anda meskipun kualitas dan harganya sesuai standar. 

3. Menentukan Harga Produk atau Jasa

Nominal harga produk juga dipikirkan oleh tim marketing. Tentu saja harga setiap produk berbeda-beda, ada yang murah, mahal hingga sangat mahal. Hal inilah menjadi perhatian tim marketing supaya harga yang dibuat nantinya sesuai dengan harga di pasaran. 

Konsumen di masyarakat bukan saja memperhatikan kualitas produk dan pelayanan saja. Sebagian konsumen sangat suka dengan barang murah meskipun kualitasnya tidak bertahan lama. Namun, kalangan atas seringkali mengutamakan kualitas premium dan tidak masalah jika harganya sedikit lebih mahal. 

Dikutip dari bisnisman.id terdapat tugas marketing yang paling utama dan berpengaruh pada pemasukan perusahaan. Oleh karena itu, tanpa ada tim marketing, perusahaan akan kesulitan mencapai target penjualan. Perlu juga diketahui bahwa tim marketing juga dibagi lagi posisinya di perusahaan.