5 Tanda-tanda Kolesterol Naik Wajib diperhatikan

5 Tanda-tanda Kolesterol Naik Wajib diperhatikan

Kolesterol yang naik bisa menjadi penyebab terjadinya komplikasi. Itulah mengapa ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi. Sebab, tingginya kolesterol memang dapat dipicu berbagai hal. Kenali tanda-tanda kolesterol naik untuk monitor kesehatan. 

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah salah satu zat yang diproduksi oleh hati untuk membantu proses metabolisme. Selain itu kolesterol juga dapat memproduksi vitamin D bagi tubuh. Namun kelebihan kadar LDL atau lemak jahat akan menyebabkan berbagai macam penyakit. 

Sebab, kolesterol tersebut lama kelamaan akan tertimbun pada arteri, sehingga dapat memicu gangguan kesehatan. Produksi kolesterol berlebih juga bisa dikarenakan konsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi.

5 Tanda-tanda Kolesterol Naik Wajib diperhatikan

Selain itu, ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang rentan terkena kolesterol tinggi. Diantaranya obesitas, kurang aktivitas, masalah kesehatan khusus, dan minum alkohol berlebih. Terlalu sering konsumsi obat-obatan seperti kontrasepsi dan diuretik juga dapat menjadi penyebabnya. 

Tanda-tanda Kolesterol Naik

Sebenarnya setiap orang memiliki gejala yang berbeda terkait naiknya kadar kolesterol dalam darah. Biasanya kondisi tersebut menyebabkan adanya komplikasi atau berupa gejala khusus. Namun untuk ciri-ciri umumnya, berikut tanda-tanda kolesterol naik.

1. Merasa Lemas

Secara spesifik lemas memang bisa mengindikasikan berbagai kondisi tubuh. Seperti pada penderita anemia yang juga akan mengalami mudah lelah meski tidak beraktivitas berat. Oleh karenanya, perlu dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol ketika mengalaminya.

Lemas untuk penderita kolesterol bukan hanya disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Tapi lebih kepada plak yang menyumbat pembuluh darah, sehingga ada beberapa jaringan yang tidak mendapat cukup darah. 

2. Nyeri Kaki

Sering mengalami nyeri kaki yang teramat sangat padahal tidak beraktivitas terlalu berat? Waspadai, boleh jadi itu tanda kolesterol naik. Kondisi ini biasa terjadi bila kelebihan kolesterol telah menyumbat arteri pada kaki. 

3. Nyeri Dada

Sehabis makan makanan berlemak tiba-tiba terasa nyeri pada dada? Hati-hati itu adalah tanda naiknya kadar kolesterol. Nyeri tersebut bisa dirasakan di dada bagian depan. Selanjutnya kemungkinan merambah ke lengan. 

Gejala semacam inilah yang nantinya bisa menjadi penyebab penyakit jantung. Berikutnya akan muncul masalah kesehatan lainnya seperti komplikasi. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan dengan konsumsi obat herbal yangs sudah memiliki banyak pengguna dan testimoni salah satunya seperti herbal mo sehat dan bisa cek testimoni Mosehat disini.

4. Gangguan Pencernaan

Tidak hanya memicu rasa nyeri pada tubuh, tingginya lemak jahat dalam tubuh menyebabkan gangguan pencernaan. Selain itu, kolesterol melebihi batas normal akan membuat kinerja empedu tidak balance.

5. Xanthelasma

Istilah ini mungkin cukup asing, untuk yang kolesterolnya sedang melebihi batas wajar akan muncul gumpalan separuh biji kacang di dekat buku jari. Namun memang tetap perlu tes darah untuk memastikan penyebabnya. 

Itulah tanda-tanda kolesterol naik yang bisa diketahui melalui gejala umum. Kendati demikian perlu dilakukan cek lebih lanjut supaya bisa tahu berapa kadar kolesterol dalam tubuh. Jika memang berada di angka 240 mg/dL maka kolesterol tinggi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.